Friday 2 January 2015

Cara Melacak Ponsel [HP] yang Hilang atau Dicuri dengan GPS


Telepon Genggam Pintar (smartphones) seperti Blackberry, Android, iPhone, dan Windows Mobile kesemuanya sudah mempunyai aplikasi bawaan GPS. Hal ini berarti handphone tersebut dapat menangkap sinyal-sinyal GPS, menerima dan mengirimkan data posisi dan membuka data GPS terkini menurut lokasi dan pergerakannya. Fitur GPS harus bisa digunakan pada handphone agar lokasinya dapat diketahui. Setelah Anda menemukan handphone (HP) yang mendukung penggunaan GPS, langkah selanjutnya mencari provider atau wireless carrier yang menawarkan jaringan terbaik di daerah Anda. Para penyedia layanan (Provider) punya layanan yang berbeda untuk mendukung pelacakan GPS, jadi pilihlah yang terbaik sesuai kebutuhan. Di luar negeri provider yang dapat diandalkan menyediakan jaringan terbaik adalah seperti T-Mobile, Cingular, AT&T, Nextel dan Sprint. Semua menyediakan layanan serupa nan eksklusif yang mendukung beberapa pilihan pelacakan GPS yang diperlukan.

Melacak HP atau ponsel adalah salah satu macam layanan yang disediakan oleh provider. Anda dapat menggunakan handphone Anda untuk melacak telepon genggam lain atau melacak sebuah handphone lewat internet di komputer (PC). Setelah Anda memberikan persyaratan tertentu untuk providernya, mereka dapat secara manual mengaktifkan chip GPS yang ada di dalam handphone untuk dilacak. Anda harus menyiapkan dan memasang program pelacakan GPS di komputer Anda atau pada handphone yang lain untuk mencari handphone yang layanan GPSnya aktif dimanapun dan kapanpun. Anda dapat juga mendaftar ke penyedia layanan pelacakan GPS pihak ke-tiga untuk memasang program pelacakan GPS seperti Mologogo, Handango dan MobiHand ke telepon genggam atau komputer Anda. Penyedia layanan ini menggunakan Google Maps sebagai data GPS.

Untuk mengetes program pelacakan GPS ini apa bisa berjalan untuk menemukan handphone Anda, masuki aplikasi dalam komputer atau HP dengan memasukkan alamat halaman awal dari provider tersebut, masukkan nama pengguna, surel dll. Lalu tidak lama sebuah peta akan muncul, terus menyempit ke sebuah kota dan jalan dimana handphone yang dilacak itu berada. Data Ketinggian, garis lintang dan bujur akan secara otomatis menyediakan lokasi tepat dari handphone itu yang dilacak.

Apakah Handphone Anda Sedang Dilacak?

Sekarang karena Anda sudah tahu cara untuk mengatur GPS di handphone atau di PC untuk melacak sebuah handphone lainnya, bahwa bila handphone Anda dicuri Anda dapat mulai melakukan pencarian. Orang tua seringkali menggunakan GPS untuk mengawasi dimana keberadaan anak-anaknya untuk alasan keamanan, atasan menggunakannya untuk mengawasi bawahannya, teman menggunakannya untuk melacak keberadaan temannya dan lain-lain. Apapun alasan Anda untuk menginginkan layanan ini, sangatlah penting bila kedua belah pihak mengetahui bahwa layanan pelacakan GPS handphone (HP) mereka aktif dan mengetahui juga kalau mereka sedang dilacak.

Semoga artikel ajzkk tentang Cara Melacak Ponsel [HP] yang Hilang atau Dicuri dengan GPS ini semoga bermanfaat.

By ajzkk


No comments:

Post a Comment