Wednesday 14 January 2015

Aplikasi Facebook untuk Mencari Anak yang Diculik

CALIFORNIA - Sosial media terbesar di dunia, Facebook, resmi mengintegrasikan aplikasi Amber Alerts pada platform mereka. Melalui hal tersebut, Facebook akan memberikan akses bantuan langsung untuk National Center for Missing and Exploited Children (NCMEC) dalam menjangkau orang-orang yang bisa membantu menemukan anak-anak yang diculik.

Melalui kerja sama ini, NCMEC dapat mengirim Amber Alerts di feed berita pengguna Facebook yang berada dalam jangkauan area pencarian. Peringatan tersebut termasuk foto dan deskripsi lengkap, termasuk ciri-ciri anak yang diculik dan gambaran terduga penculik.

“Wilayah hukum akan menentukan kisaran daerah untuk setiap peringatan,” tulis Trust and Safety Manager Facebook, Emily Vacher.

Banyaknya pengumuman anak yang diculik dari Amber Alerts mungkin dapat dilihat jika pengguna Facebook tinggal di wilayah tersebut. Namun, jika pengguna Facebook tinggal di luar area penculikan maka tak akan ada news feed yang terlihat.

“Beberapa orang mungkin melihat beberapa setiap tahun, dan banyak orang mungkin akan tidak mendapatkan peringatan sama sekali. Peringatan akan muncul di News Feed, tapi tidak akan memicu notifikasi apapun di akun Facebook seseorang," tambah Emily.

Amber Alerts sendiri dibentuk pada tahun 1996 dan dioperasikan oleh Departemen Keadilan Amerika Serikat. Organisasi ini telah mampu menyelamatkan 728 anak yang diculik sejak diluncurkan 19 tahun lalu. Nama Amber sendiri dipakai untuk mengenang seorang anak yang diculik dan dibunuh di Texas pada 1996 lalu. Demikian dilansir laman Cnet, Rabu (14/01/2015).

Sumber: Beritateknologi.com

No comments:

Post a Comment