Sunday 11 January 2015

4 Tips internetan hemat saat berpetualang ke luar negeri!

Merdeka.com - Perjalanan ke luar negeri akan menjadi sangat menyebalkan saat kita tidak bisa menggunakan smartphone untuk berkomunikasi atau sekedar internetan. Nah, untuk menghindari hal itu, ada beberapa tips sederhana yang bisa Anda aplikasikan saat membawa si smartphone melancong keluar Indonesia.

Sebelum mengaplikasikan tips-tips berikut ada baiknya Anda mengenal penggunaan paket data atau setelan jaringan selular smartphone Anda agar saat terpaksa harus melakukan pengaturan ulang di luar negeri nanti. Semua yang Ana butuhkan bisa diakses via 'pengaturan' atau menu setting di smartphone.

Salah satu yang terpenting adalah mengecek apakah kartu SIM yang Anda gunakan sekarang bisa dipakai di luar negeri. Jika tidak bisa, maka bersiaplah membeli kartu SIM prabayar dengan paket data yang cocok di kantong. Anda sebaiknya 'googling' terlebih dahulu sebelum memilih kartu SIM yang tepat.

Apabila Anda sudah familiar terhadap penggunaan internet dan jaringan seluler smartphone, Anda bisa mulai melakukan 4 tips internetan hemat berikut.

1. Unduh aplikasi chatting dan monitor paket data

Jika ingin tetap hemat dalam berkomunikasi di luar negeri, maka sebaiknya di smartphone Anda sudah terinstal aplikasi chatting seperti WhatsApp atau Line yang tidak terlalu banyak memakan data. Sebaiknya Anda menggunakan salah satu di antara dua aplikasi itu dari pada dua-duanya sekaligus.

Kemudian jangan lupa mengunduh aplikasi pemantau pemakaian data seperti 'My Data Manager'. Aplikasi tersebut dapat memberikan tanda (alarm) bagi Anda jika sudah melewati batas pemakaian paket data.

2. Kurangi transfer dan sinkronisasi data

Aplikasi seperti Gmail, iCloud, Dropbox, sering kali secara otomatis mengunduh data atau melakukan sinkronisasi. Nah, tugas Anda adalah mematikan fitur unduh dan sinkronisasi otomatis itu, dan hanya mengaktifkannya saat ada Wi-Fi.

3. Blokir akses internet ke aplikasi

Mengingat di beberapa negara paket data bisa sangat mahal, tentu Anda hanya menginginkan aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan saja yang bisa menggunakan paket data tersebut. Anda bisa membatasi atau memblokir akses internet ke aplikasi itu lewat 'Setting' lalu Data Usage di smartphone Android.

Sementara di gadget berbasis iOS, tips ini bisa dijalankan via 'Settings' lalu menu 'Cellular', lalu pilih aplikasi yang dituju.

4. Hanya gunakan Wi-Fi

Apabila paket data Anda sudah menipis, maka bersiap-siaplah mencari tempat-tempat dengan Wi-Fi gratis. Anda bisa mematikan total paket data dan beralih ke hotspot Wi-Fi yang disediakan oleh restoran, perpustakaan, atau taman kota setempat.

1 comment: