Saturday 29 August 2015

Menyembuhkan Dan Penyebab Penyakit Hidung Berbau

Mungkin Anda pernah mengeluhkan jika nafas dari hidung Anda ternyata berbau, di mana baunya seperti bau telur basi yang sangat tidak mengenakkan. Jika ini terjadi, berarti hidung Anda mengalami gangguan, dan tentu saja itu ada penyebab dan juga cara menyembuhkannya. Kita akan membahas lebih mendetail mengenai masalah ini pada artikel sekarang, selamat membaca.

Bau busuk yang muncul bukan berasal dari luar hidung, jika berasal dari luar hidung itu pertanda bagus, karena berarti organ penciuman Anda tajam. Namun, kali ini masalahnya bau tersebut berasal dari hidung Anda sendiri. Anda harus bisa membedakan berasal dari manakah bau yang tercium tersebut, jangan mencampur adukkannya.

Penyebab Hidung Berbau
Polip hidung

Penyebab pertama mengapa hidung bisa menjadi berbau adalah karena polip hidung. Untuk mengetahui apakah Anda terkena penyakit polip hidung atau tidak, Anda dapat mencoba untuk berkonsultasi dengan dokter ahli THT (Telinga Hidung Tenggorokan). Penyakit polip hidung sangat banyak terjadi dan menyerang seseorang, ini karena muncul atau tumbuhnya daging pada bagian dalam hidung, sama seperti tumor hidung. Daging yang muncul akibat penyakit polip hidung memiliki ciri berwarna putih dan keabuan.

Gigi berlubang

Terkadang masalah bukan dari hidung Anda ketika muncul bau. Namun, karena antara mulut dan hidung terdapat saluran, maka bau yang timbul akibat dari mulut bisa tercium di hidung Anda. Salah satu penyebabnya yaitu karena gigi yang berlubang, di mana dokter gigi tidak dapat menemukannya sehingga lubang gigi semakin membesar dan menimbulkan bau busuk tidak nyaman.

Bakteri

Bau busuk ditimbulkan oleh bakteri, jadi jika hidung Anda berbau maka bisa jadi itu karena gangguan bakteri. Di mana bakteri biasanya berada pada lendir hidung. Namun, untuk lebih pastinya, tetap disarankan Anda melakukan pemeriksaan ke dokter THT.

Rhinitis atrofi

Anda juga bisa terserang oleh penyakit Rhinitis atrofi, namun penyakit ini tak diketahui penyebab pastinya. Gejala dari apakah Anda terserang oleh penyakit Rhinitis atrofi adalah kotoran hidung menjadi banyak juga ada terus menerus, maka Anda harus waspada.

Sinusitis

Gangguan infeksi atau peradangan pada daerah cavum nasi atau nasal (sinusitis) juga bisa mengakibatkan hidung menjadi berbau tidak sedap.

Cara Menyembuhkan Hidung Berbau
Setelah Anda mengetahui penyebabnya, Anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini untuk membantu meringankan penyakit tersebut.

Gigi bolong

Jika ternyata penyebabnya adalah gigi bolong, maka segeralah tambal gigi Anda.

Kumur air garam

Anda juga bisa mencoba berkumur dengan air garam.

Teh basi

Hindari minum teh yang sudah basi.

Polip

Untuk mengatasi polip, Anda harus melakukan operasi. Jadi, sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter THT.

Apabila Hidung kemasukan benda asing

Jika hidung kemasukan benda asing, maka benda asing tersebut harus dikeluarkan. Namun, jangan lakukan sendiri karena hidung adalah bagian tubuh yang sensitif juga, jika Anda salah melakukannya maka dapat mengakibatkan terjadinya infeksi pada hidung, selain itu jika tergores pada hidung, maka dapat mengakibatkan terjadinya luka di dalam hidung. Biasanya dalam mengeluarkan benda asing dari hidung terdapat 2 cara yang umum digunakan yaitu dengan disedot (untuk benda asing lunak), sementara jika benda asingnya keras maka biasanya dikeluarkan menggunakan alat pengait yang didesain khusus.

Obat yang biasa digunakan untuk penyembuhan: morexflu, inflason dan pritamox.

Sekian informasi mengenai menyembuhkan dan penyebab Penyakit hidung berbau, semoga bermanfaat dan lekas sembuh.

Sumber: http://www.telingahidungtenggorokan.com/menyembuhkan-dan-penyebab-penyakit-hidung-berbau.html

1 comment:

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

    ReplyDelete