Thursday 30 July 2015

Berbagi Pengalaman Menggunakan IndiHome

by HilmanGraha

Sebelum bercerita tentang pengalaman menggunakan internet dari layanan Indihome, saya akan cerita dulu tentang layanan internet rumah dari Telkom. Semua orang pasti mengenal brand yang dinamakan Speedy. Brand ini banyak dikenal dan mungkin bagi sebagian orang jadi kenangan dan bagi sebagian orang masih tetap bertahan. Brand dengan nama yang menjanjikan kecepatan tinggi tetapi kadang sering sedikit dimaki. Mereka itu kurang puas karena Speedy tak secepat namanya. Bahkan, di forum-forum ada julukan baru buat Speedy, yakni Slowdy.

Waktu itu, saya juga pelanggan Speedy. Dengan kecepatan untuk paket rumahan, masih cukup puas meskipun kadang dibuat kesal karena pada jam-jam tertentu akses internetnya sering lamban. Tapi sebenarnya, ini semua bukan sepenuhnya salah Telkom. Toh, seorang teman yang memakai Speedy dengan paket yang lebih tinggi, cukup puas dengan kecepatan Telkom. Mungkin yang maki-maki itu ingin paket murah tetapi dengan kecepatan stabil dan tidak membuat “naik darah” alias kesal untuk sekadar streaming Youtube maupun download video. Intinya, ingin produk murah tapi dapat kecepatan akses internet yang tinggi. Siapa yang tidak mau coba?

Ketika  ISP lain menawarkan produk layanan paket internet seperti ini, merekapun pindah. Saya? Ternyata saya masih setia dengan Speedy meski sering dikecewakan. Contohnya, lambatnya respon jika ada masalah tekni. Waktu itu, saya lupa tepatnya tetapi sekitar tahun-tahun sebelum tahun 2012, respon pihak Telkom terkait gangguan teknis cenderung lambat. Katanya teknisi akan datang paling lambat tiga hari setelah saya menelepon tetapi teknisi tidak datang atau kadang datang setelah tiga hari. Hal Ini yang membuat banyak pihak merasa kurang puas dengan Telkom.

Evolusi dari Speedy

Tapi cerita Speedy ini cerita lama. Cerita basi. Telkom lebih sigap sekarang. Respon Telkom untuk gangguan teknis juga lebih cepat. Pernah suatu ketika di minggu yang cerah, kabel telepon terputus karena ada truk yang melintas memutuskan kabel yang menggantung yang tidak terlalu tinggi. Saya langsung menelepon Telkom dan beberapa saat kemudian muncul sang teknisi memperbaiki masalah ini. Gangguan di lain waktu, saat saya tidak bisa mengakses internet. Begitu menelepon ke 147 dan menjelaskan permasalahannya, sang Call Center Officer dengan sigap melayani dengan baik. Melakukan apa yang dia perintahkan dan seketika akses internet kembali lancar.

Peningkatan kualitas layanan Telkom ini merupakan satu hal yang patut diacungi jempol. Terutama, untuk produk yang bernama Indihome.   Indihome bukanlah produk properti atau bisnis rumahan yang dihadirkan Telkom seperti yang saya kira sebelumnya.. Produk ini bisa dikatakan sebagai evolusi dari Speedy. Bahkan, saya bisa mengatakan produk ini sebagai super evolusi. Mengapa super evolusi? Karena Telkom Indihome tidak hanya menghadirkan layanan internet saja , tetapi juga mengintegrasikan telepon rumah, TV Kabel, seperti yang sudah pernah saya bahas di posting sebelumnya.

Kecepatan Internet yang Bagus

Bagaimana dengan kecepatan Telkom Indihome ini? Sebenarnya Telkom Indihome ini memiliki dua layanan paket internet. Pertama adalah paket jaringan Fiber To The Home ( FTTH). Teknologi ini menggunakan kabel fiber optik yang sangat memungkinkan transfer data sangat cepat Kabelnya dibuat dengan teknologi yang mampu mentransfer data seperti kecepatan cahaya. Bahkan, kabelnya sangat tahan terhadap frekuensi liar dan mampu mentrasnfer data hingga 2500 lebih tanpa memerlukan alat repeater lagi. Dan yang penting, kabel fiber optik sangat aman dari serangan petir.

Paket Internet dengan Jaringan Fiber To The Home

Layanan kedua adalah layanan internet yang tidak menggunakan jaringan Fiber To The Home. Ini adalah layanan paket internet biasa dari Telkom. Layanan ini dihadirkan untuk pelanggan yang di kawasannya masih belum mendukung kabel fiber optik. Jenis kabel yang digunakannya adalah jenis kabel tembaga, yang mirip dengan kabel dari jaringan ISP lainnya.

Paket Internet Standar

Nah, sayangya, daerah saya ini belum termasuk kawasan yang sudah mendukung jaringan Fiber To The Home. Artinya, saya masih menggunakan paket biasa. Untuk paket ini ada empat pilihan paket. Keempat paket tersebut adalah 1Mbps, 2Mbps, 3Mbps, dan 5Mbps. Saya sendiri menggunakan paket 3Mbps. Paket ini sebenarnya sudah cukup. Kecepatannya juga sangat bagus. Berikut hasil tes kecepatan internet 3Mbps di kawasan saya.

Kecepatan Paket Standar 3Mbps

Saya sebenarnya sudah tidak sabar ingin menggunakan jaringan dengan kabel fiber optik. Tapi, tampaknya tidak laama lagi jaringan fiber optik akan sampai di kawasan saya. Pasalnya, komplek yang dekat dengan kawasan saya sudah terpasang jaringan fiber optik. Mudah-mudahan disegerakan yah. Amin.

Sebenarnya saya sudah tidak sabar untuk menggunakan jaringan fiber optik dari Telkom IndiHome. Saya ingin tahu kecepatannya. Iri juga dengan teman-teman saya yang sudah memakai IndiHome Fiber To The Home. Contohnya, teman saya Mas Gome, atau nama lengkapnya Gunadi Surya Gomewijaya, seorang ahli internet markerting. Beliau berlangganan paket IndiHome dengan kecepatan 10Mbps. Beliau pun menunjukan hasil tes kecepatannya. Luar biasakan kecepatannya. Untuk download sangat tinggi dan untuk upload juga sudah cukup lumayan. Berikut gambaran kecepatannya

Kecepatan Paket IndiHome Fiber Optik 10Mbps

Simpulan

Secara keseluruhan, saya merasa puas dengan layanan internet dari Telkom, terutama paket IndiHome yang sedang digancarkan oleh Telkom ini. Awalnya, memang waktu awal berlangganan, saya merasa sedikit dikecewakan. Tapi belakangan, berkat produk terbarunya, Telkom juga meningkatkan pelayanannya menjadi lebih baik. Hal ini terbukti dengan cepat tanggapnya pihak Telkom jika ada kendala. Teman saya, Mas Gome juga sangat puas dengan pelayananan dari Telkom IndiHome ini. Akhir kata, saya berharap, Telkom IndiHome di seluruh kawasan, terutama kawasan saya.   Aapalagi, saya yang kerja bergantung pada internet sangat membutuhkan kecepatan internet yang benar-benar cepaat dan stabil. Yang saya gunakan saat ini sebenarnya sudah cukup tapi kan ga ada salahnya, kalau saya menginginkan yang lebih cepat lagi. Hehehe.

2 comments:

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

    ReplyDelete
  2. gan saya mau tanya cara untuk lougout indihome yang paswornya tersimpan di laptop atau android. soalnya selalu gagal setiap kali lougotu

    ReplyDelete